Rabu, 24 April 2013

Ternyata Roti Salah Satu Makanan Tertua Di Dunia !!!


Roti yang biasa kita makan saat sarapan memiliki sejarah yang cukup panjang. Diawali beribu tahun yang lalu, ketika manusia hidup mengembara dan berburu, gandum yang mereka temukan dikunyah begitu saja tanpa diolah. Lama kelamaan, mereka mengetahui cara lain untuk menikmatinya, ditumbuk dan dilumat bersama air sehingga membentuk pasta. Pasta yang dimasak diatas api kemudian mengeras dan lebih tahan lama. Ternyata roti memang salah satu makanan tertua di dunia!

 
Asal muasal roti sebenarnya berasal dari bangsa Mesir Kuno. Roti masa itu belum seenak seperti roti yang biasa kita makan sekarang. Cara membuatnya pun masih primitif: tepung, air, dan adonan ragi dicampur lalu diinjak-injak oleh para budak. Dibakar dalam tungku kuno berbentuk kerucut. Pada masa itu para pekerja Mesir tidak diupah dengan uang, tetapi dengan roti. Mereka sering disebut breadwinner atau orang yang berjuang untuk mendapat roti. Kata ’roti’ pun sering dipakai untuk menggantikan kata ’rezeki’.


Bangsa Yunani mengambil teknologi pembuatan roti dari Mesir. Teknologi ini kemudian menyebar di seluruh Eropa dan dianggap penting oleh masyarakatnya. Di Roma, roti dan gandum lebih penting daripada daging. Pada zaman itu warna roti membedakan ‘kelas’ dalam masyarakat. Semakin gelap warna roti, maka semakin rendah satus sosialnya. Karena pada waktu itu, tepung putih mahal harganya. Tidak seperti sekarang, rotimudah dibeli dimana pun dan dapat dikonsumsi semua kalangan tanpa batas karena harganya sangat terjangkau.

Sampai saat ini, roti tradisional di Timur Tengah, India, dan Afrika masih berbentuk pipih. Teknik paling dasar membuat roti seperti ini masih digunakan dibeberapa negara walau perkembangan teknik dan jenis rotimodern semakin beragam. Lihat saja Tortila Mexico, Roti Canai India, Pitabread di Timur Tengah dan lain-lain. Pada abad pertengahan, roti telah berevolusi, terutama di Benua Eropa. Cita rasa roti termasuk roti tawarsudah sama seperti yang kita temukan saat ini, tentu saja dengan bentuk dan variasinya.

Tahukah Anda?

Bangsa Mesir Kuno tidak hanya hebat dalam bidang arsitektur seperti membangun bendungan besar atau monumen seperti piramida, mereka juga mampu menciptakan roti dan menemukan cara untuk membuat roti tawar lebih enak.
 

Otto Frederick Rohwedder (1880-1960) dikenal sebagai penemu mesin otomatis pemotong/pengiris roti tawar. Rohwedder bekerja cukup lama untuk mesin penemuannya tersebut, sampai akhirnya, pada 7 Juli 1928, Rohwedder mampu membuat sejarah pertama kalinya: roti diiris dan dibungkus oleh sebuah mesin. 


Artikel Menarik Lainnya Seputar Roti dan Menu-Menu dari Roti Bisa Berkunjung Disini
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar