Selasa, 23 April 2013

Beli Printer, Inkjet atau Laser?



Beli printer dengan harga murah, berkualitas, dan tahan lama tentu dinginnkan semua orang. Rata-rata printer sekarang memiliki kualitas cetak yang bagus dengan berbagai fitur menarik serta harga cukup murah. Tetapi, bagaimana dengan kualitas ketahanannya? Terkadang printer mudah mengalami kerusakan bahkan dalam jangka waktu kurang dari satu bulan.
Di Indonesia, jenis printer yang banyak terjual dipasaran adalah printer laser jet dan inkjet. Kedua jenis printer tersebut, masing-masing memiliki fitur dan kualitas yang bebeda-beda. Jika Anda beli printer, ingatlah untuk selalu menyesuaikannya dengan kebutuhan, seperti mencetak apa, untuk apa dan jenis cetakan seperti apa yang Anda butuhkan.
Memutuskan untuk beli printer inkjet? Printer ini menggunakan bahan tinta untuk mencetak dan rata – rata memiliki kualitas printing yang baik. Sedangkan, laser jet adalah printer dengan bahan baku berupa serbuk carbon atau toner. Agar Anda tidak bingung saat beli printer, perhatikan beberapa pertimbangan memilih printer sesuai kebutuhan mencetak seperti berikut ini!

Kualitas cetak

Untuk kebutuhan mencetak dokumen, teks, atau pun gambar, printer laser dan inkjet memiliki kualitas yang sama bagusnya. Namun, dalam hal ketajaman warna, resolusi printer laser belum mampu mengalahkan printer inkjet. Terdapat pilihan printer inkjet dengan 6 tangki warna yang memiliki kualitas cetak lebih baik daripada 4 tangki warna. Tapi perlu Anda ingat bahwa untuk mendapatkan hasil cetakan yang memuaskan, tergantung setting software saat mencetak serta pemakaian jenis kertas.

Kecepatan mencetak

Dalam hal kecepatan mencetak halaman per menit, printer laser menjadi pilihan terbaik. Printer laser dapat mencetak lebih cepat, 9-10 halaman per menit. Sedangkan printer inkjet, kemampuan cetaknya tidak lebih dari 2 atau 3 halaman per menit..

Harga

Harga printer inkjet jauh lebih terjangkau dibanding printer laser. Bagi Anda yang perlu mencetak dokumen/teks/gambar dalam jumlah normal, lebih baik beli printer inkjet. Sedangkan, bagi Anda yang lebih sering mencetak dokumen/teks dalam jumlah sangat banyak, printer laser bisa jadi solusi terbaik. Dan perlu diketahui, toner printer laser harganya jauh lebih mahal dibanding harga tinta printer inkjet.
Lalu beli printer manakah yang tepat? Jawabannya ditentukan oleh kebutuhan Anda sendiri. Bagi Anda yang mau beli printer dan mau membayar lebih untuk kecepatan dan kualitas cetak “mewah”, printer laser jet merupakan solusinya. Namun, bagi Anda menginginkan kualitas ketajaman dan memiliki budget tertentu, printer inkjet menjadi alternatif yang lebih tepat, karena harganya lebih terjangkau dan berkualitas.
Nah, semoga tips dari kami berguna dan tidak membuat Anda bingung lagi dalam beli printer mana yang Anda butuhkan, ya.

Tips-Tips Menarik Lainnya Seputar Printer & Tinta Printer Bisa Berkunjung Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar